Cara Cepat Belajar Bass Untuk Pemula Dengan Mudah dan Gampang

bilismera.com Untuk bisa bermain musik itu susah-susah gampang, jika tidak mempuyai kemampuan dasar seni musik yang itu sulit untuk cepat menguasai. Tidak semua orang bisa mahir bermain musik, tapi semua orag bisa bermain musik dengan cara belajar otodidak maupun minta di ajarin pada teman atau bisa juga dengan kursusmusik.
Kegelisahan seseorang pemusik untuk pemula, biasanya susah untuk menemukan kunci lagu atau chord lagu yang ingin dimainkan. Misalnya yang banyak bermain musik dengan gitar. Pegalaman saya, awalnya susah untuk menemukan chord lagu maupun jalan chord itu sendiri. Namun, kalian akan bisa cepat mencari chord lagu, salah satunya dengan bisa main bass, paling tidak tahu dimana kunci/chord pada bass tersebut. Mai gitar bass adalah lebih gampang daripada belajar main gitar. Sebab, bas yang dibutuhkan haya menekan 1 senar saja, sedangkan untuk gitar memerlukan paling tidak minimal 3 sentuhan senar.

Jika masih pemula ingin belajar bermain gitar mudah dan gampang lihat disini: Cara Cepat Bisa Bermain Gitar Dengan Gampang dan Mudah Untuk Pemula

Lihat Gambar: 
Perlu diperhatikan dalam chord bass itu berurutan, Misal dari: A-B-C-D-E-F-G, setelah habis chord "G", Maka chord akan dimulai lagi dari A. Juga, dalam bas tidak ada istilah Mayor dan Minor, semua sama petikan ditempat yang serupa antara mayor maupun minor.

Untuk memudahkan dalam menghafal atau mengingat Chord/Kunci lihat gambar berikut. 
Pada gambar tersebut bisa dilihat bahwa, agar yang baru belajar bass akan cepat dalam menghafal chord. Antara senar bass atas (senar. 1) dan senar 3 sama kuncinya, namun beda tempat. 
Perlu dipahami, petikan bass harus sama dengan ketukan kick drum atau bass drum jika itu musik genre band. Jika musik bergenre dangdut, maka petikan lebih bervariasi dengan mengikuti ketukan gendang/ketipung.
Selamat belajar dan cepat bisa, semoga tulisan ini bermanfaat.