Cara Mencari Chord / Kunci Lagu Dengan Cepat dan Mudah

Bilismera.com - Pengalaman saya, keresahan utama bagi pemain gitar, keyboard pemula biasanya susah mencari chord/kunci sebuah lagu. Kita harus bisa mencari chord lagu, tidak harus tergantung pada website penyedia chord lagu. Untuk dapat berkembang skill bermain music, maka harus bisa mencari chord lagu sendiri.
Dalam bermain musik, baiknya tidak menggunakan metode menghafal chord. Karena jika menggunakan hafalan, pindah chord dasarpun menjadi susah dan lama menemukan chord baru. Biasanya ini terjadi apabila pentas dan ada yang ingin menyumbang lagu, dengan chord dasar yang berbeda. Baiknya, kita harus menggunakan skill atau paling tidak harus tahu tangga nada. Menghafal sebuah tangga nada berbeda dengan menghafal chord dari sebuah lagu. Jika sudah terbiasa dan hafal jenis lagu dan tangga nadanya, lagu apapun yang baru kita dengar agar cepat ditemukan kuncinya walaupun tanpa bantuan alat musik, misal gitar maupun keyboard.


Ada beberapa jenis lagu yang selalu kita dengar, misal dari C, berbeda jalannya kunci jika dari Cm. Tetap mengacu pada Solmisasi DO-RE-MI-FA-SO-LA-SI-DO itu kunci utamanya.

Lihat Juga: Chord Gitar Lengkap dan Mudah Untuk Pemula


Misal: jika lagu dari C, maka tangga nadanya biasanya:
-       C-G-Am-Em-F-C-Dm-G
-       C-F-G-D

Misal dari Am, maka tangga nadanya:
-       Am-Dm-G-C-F-E

Misal dari Em, E, maka tangga nadanya:
-       Em-Am-D-G-C-B
-       E-A-D-B-C#m-G#m-F#m

Misal dari Dm, D, maka tangga nadanya:
-       Dm-C-Bb-A
-       Dm-Gm-C-F-Bb-A


Dan begitu seterusnya. Setiap chord lagu yang dimulai dari Chord C, Am, dan D misalnya, maka chord/kunci selanjutnya tidak lepas dari tangga nadanya itu, walaupun nantinya tidak harus berurutan seperti contoh diatas.