Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Orang Suka Begadang

Image: Kapanpun.com
Bilismera.com - Sering kali kita mengabaikan pola istirahat dimalam hari, yang biasa begadang sampai malem bahkan sampai pagi. Mungkin hal ini tidak bisa dihindari dengan berbagai alasan tuntutan profesi maupun tuntutan lainnya. Dengan demikian, jika tidak pandai membagi dan mengatur agenda selanjutnya, maka hidup kita akan kacau dan tidak disiplin. Namun, berbeda lagi begadang dengan alasan profesi, misalnya berprofesi sebagai Satpam/Security, lembur kerja, penjaga warnet atau kerja malam lainnya.
Kebanyakan orang-orang yang sering begadang, tidurnya kurang berkualitas. Sehingga tidak jarang orang terkena penyakit insomnia, alias tidak bisa tidur dalam waktu berhari-hari bahkan seminggu. Pada akhirnya terjadi berbagai gangguan kronis yang disebabkan begadang. Begadang juga dapat mempengaruhi perasaan, kurang fokus, dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.
Ada beberapa yang harus diperhatikan bagi anda yang suka begadang:
1.     Schedule
Yang harus diperhatikan disni, konsisten dalam berbagai aktivitas yang diperlukan bagi tubuh. Misal harus memperhatikan perubahan waktu makan (pola makan),  tidur, maupun bekerja. Jika dalam waktu yang cukup singkat mengalami perubahan pola waktu tersebut makan tubuh akan kaget dan cepat lelah, sehingga akan menimbulkan gangguan tidur kronis.
2.     Penuhi Waktu Tidur
Untuk orang dewasa, tubuh membutuhkan paling minimal 6 jam tidur. Rata-rata memerlukan 7-8 jam untuk tidur dalam sehari. Jika tidak sempat untuk tidur dimalam hari, sebisa mungkin anda tidur pada siang hari dimana anda ada waktu untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk tidur.
3.     Makanan & Minuman
Biasanya pada tengah malam waktu begadang, pasti akan merasakan lapar. Namun, alangkah lebih baik jika sebelum begadang makan terlebih dahulu. Karena jika makan pada tengah malam dengan makanan yang berat akan meningkatkan berat badan sehingga beresiko obesitas. Pilihlah makanan/cemilan ringan. Hindari minuman yang bersoda dan minuman suplemen, karena anda akan lebih merasa lelah ketika esok harinya. Cukup konsumsi buah dan sayur dan minum air putih yang cukup agar hidup lebih sehat dalam jangka panjang.
4.     Olahraga
Disela-sela hidup anda yang padat, sempatkanlah olahraga ringan minimal 30 menit saja setiap minggunya. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan menjadikan tubuh memilik daya tahan lebih baik daripada tidak berolahraga.
Itulah resep sehat begadang pada malam hari, semoga bermanfaat dan sehat selalu agar hidup lebih nikmat dan bermanfaat. Mulailah hidup sehat mulai sekarang!