Cara Stem Gitar Dengan Mudah dan Cepat Hanya 1 Menit

Nyetem gitar atau juga sering di sebut setel gitar memang sesuatu hal yang paling terpenting bagi orang yang suka bermain gitar, apalagi pentas musik di depan banyak orang, jika alat musik kita terutama gitar fals maka tidak akan menjadi hidangan musik yang nikmat di telinga. Justru, permainan musik yang kurang bagus akan menggangu telinga pendengarnya.
Kebutuhan utama dalam bermusik adalah skill dan felling. Skill adalah pengetahuan kita terhadap permainan alat musik yang dimainkan, sedangkan felling adalah ketajaman kita untuk meraba sebuah not nada ataupun chord dengan cepat tanggap. Jika dalam sebuah pementasan yang berskala kecil tidak usah dengan membaca notasi musik atau partitur. Terlalu cemen ketika seseorang pentas harus baca partitur, kecuali musik orkestra yang memerlukan pertitur demi selarasnya irama.

Pengenalan Kunci Dasar Senar Pada Gitar
Pada sebuah gitar memiliki enam (6) senar. Setiap senar gitar memiliki nada yang berbeda satu sama lainnya. Makanya ada semboyan “Perbedaan itu indah”.  Ingat, setiap nada yang kita ambil, alurnya harus sesuai solmisasi, nada tidak akan keluar dari itu.
Berbeda dengan gitar bass yang memiliki empat (4) senar dan ada yang memiliki lima (5) senar gitar. Kita harus mengenal kunci nada dasar senar gitar. Kita urut senar dari paling kecil atau dari bawah dulu.
1.      Senar satu (1) adalah nada        : E
2.      Senar dua (2) adalah nada        : B
3.      Senar tiga (3) adalah nada         : G
4.      Senar empat (4) adalah nada    : D
5.      Senar lima (5) adalah nada        : A
6.      Senar enam (6) adalah nada     : E
Nada-nada senar tersebut sudah standar nada Keyboard/Piano.
jika ingin menyetem gitar tanpa disamakan dengan nada standar juga bisa, tergantung keinginan anda sebagai pemain gitar. Namun, jika gitar tersebut akan digunakan sebagai pementasan dan bersanding dengan alat yang lainnya seperti bass, keyboard, dan lainnya maka harus sesuai dengan nada standar keyboard.
Untuk menyetem standard harus di cocokkan dengan keyboard, atau bisa saja menggunakan alat tuner stem gitar.

Stem Manual Sesuai Keinginan
Gitar adalah alat musik yang paling gampang dibawa kemana saja, liburan, acara malam keakraban, ke pantai. Oleh karenanya tidak mungkin kita stem gitar harus persis standard nada keyboard. Kita bisa stem gitar sesuai keinginan kita, entah mau di stem dengan nada tinggi ataipun nada rendah.
Akan tetapi anda bisa juga menyetem dengan standard nada, yaitu dengan mendengarkan lagu yang sudah hafal kuncinya atau chordnya. Namun, untuk pemula di khawatirkan masih kebingungan.
Baiklah kita belajar setem manual untuk gitar. Caranya cukup gampang, anda bisa stem gitar hanya dengan 1 menit saja sudah selesai jika gitar dan senarnya juga bagus. Usahakan jika senar sudah tidak bagus atau biasa disebut “senar mati” , maka segeralah ganti agar suara gitar gurih dan stemannya gampang.

Kita belajar tutorialnya secara rinci agar mudah di pahami.


Jika Tutorial diatas kurang jelas, simaklah yang berikut ini, Jika gambar di bawah kurang jelas, silahkan Klik Gambar.
1. Untuk senar Nomer 6 - Tekan Senar No. 6 dan samakan dengan senar No. 5 dan biarkan los pada senar No. 5

2. Untuk senar Nomer 5 - Tekan Senar No. 5 dan samakan dengan senar No. 4 dan biarkan los pada senar No. 4

3. Untuk senar Nomer 4 - Tekan Senar No. 4 dan samakan dengan senar No. 3 dan biarkan los pada senar No. 3

4. Untuk senar Nomer 3 - Tekan Senar No. 3 , pada Fret ke empat dan samakan dengan senar No. 2 dan biarkan los pada senar No. 2. 


5. Untuk senar Nomer 2 - Tekan Senar No. 2 dan samakan dengan senar No. 1 dan biarkan los pada senar No. 1

Perhatian: Anda boleh menyetem dari senar No. 1, tidak harus daru nomer 6 seperti Tutorial.
Info Penting!!!
Untuk yang ingin menyetem gitar Bass, maka sama dengan stem gitar. jika bass yang empat senar berarti sama stemannya dengan gitar pada senar nomor 3 sampai nomor 6.
Semoga bermanfaat.