Cara Meremajakan atau Memperbaharui Senar Gitar Bass Seperti Baru Lagi

Sering kali ketika gitar bass lama tak terpakai, senar bass kurang enak suaranya, fals. Atau bisa jadi karena sering dimainkan dan tak pernah di kendorkan setelah bermain, sehingga senar menjadi tidak nikmat lagi suaranya. Biasanya setiap pemakai akan mengganti senar pada yang baru. Namun, jangan terburu-buru untuk mengganti selama yang lama masih bisa pebaharui dan dipakai lagi. Lumrahnya, toko atau para penjual alat music tidak menyediakan ecer senar bass, jadi harus membeli satu set.  Walaupun harus beli satu persatu maka itu akan mempengaruhi kulitas suara yang tidak sama.
Senar bass tidak sama dengan senar gitar melody, acoustic dan laiinnya. Senar bass memiliki bentuk ukuran yang lebih besar dan harganya lumayan mahal. Sayang kan kalau harus membeli yang baru lagi, sedangkan yang lama masih bisa dipakai lagi. Ada beberapa tips dan cara untuk memperbaharui atau meremajakan senar bass lagi seperti baru.
Gambar: theplanetmusic.wordpress.com | Cara meremajakan atau memperbaharui senar gitar bass seperti baru lagi

Inilah Tips dan cara memperbaharui  atau meremajakan senar bass menjadi baru lagi
1.      Apabila senar terdapat banyak karatan, makan rendamlah senar bass pada minyak tanah dan sejenisnya selama kurang lebih 30 menit. Agar lebih memudahkan makan lepas senar bass untuk direndam. Kemudian bersihkan karatannya dengan menggunakan kain atau bahan yang bisa bersihkan karatan. Kemudian keringkan.
2.      Setelah kering, rebuslah senar bass tersebut ke dalam air mendidih selama 30-60 menit. Kemdian angkat lah, dan keringkan. Senar bass siap dipasang lagi dan dinikmati.

Cara Merawat Senar Bass
Bermain bass memang tidak banyak yang memainkan layaknya gitar melody dan acoustic. Terkadang setelah kita bermain gitar, mengabaikan gitar yang kita miliki. Tidak terurus. Pengaruh tidak terawatnya gitar akan mempengaruhi pada kualitas suara yang dihasilkan oleh bunyi senar yang semakin tua. Ada beberapa cara agar senar gitar bass awet dan tahan lama.
1.      Ketika memiliki gitar bass, harus punya softcase atau tas gitar agar debu tidak masuk dan menempel pada gitar.
2.      Seusai memainkan gitar bass, usahakan senar harus dikendorkan.
3.      Bersihkan senar seusai dimainkan jika perlu berilah pelumas senar buatan sendiri atau membeli di toko tertentu.

Semoga bermanfaat.