Lagu "Sayang" Via Vallen Hasil Plagiasi Lagu Jepang (Kiroro Mirae)?

Seputarmusik.com - Via Vallen semakin lama semakin melejit karir dunia dangdut.  Tidak lama ini ia dinobatkan menjadi penerima penghargaan bergengsi, Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler versi Indonesian Dangdut Awards 2017. Namun ada berita tidak sedap di kuping tentang plagiarism lagu “Sayang” yang hampir mirip dengan lagu jepang tahun 1990-an yang sempat hit pada tahun 2007, judul lagu "Kiroro Mirae"

Lagu sayang merupakan formula populer Via Vallen melangit yang diciptakan oleh Anton Obama, kemudian di populerkan oleh Via Vallen. Lagu "Sayang" dirilis 24 Februari 2017, sering diputar di radio atau televisi. Oleh karena suara cantik khas, maka lagu tersebut cepat diterima di masyarakat pecinta dangdut koplo.

Jika di dengarkan memang terlihat sama dibagian awalnya, seterusnya berbeda, hanya saja lagu jepang itu berkarakter lembut piano dan gitar. Berbeda dengan lagu “Sayang” tempo lebih cepat, Koplo lagi. Ada kemiripan juga di akhir-akhir lagu "Kiroro Mirae". Entah kemiripan ini ada unsur  kesengajaan atau hanya terinspirasi. Faktanya, Via juga pernah men-cover lagu "Kiroro Mirae" pada tahun 2015.


Via Vallen Kiroro Mirae (COVER)